Yuk Belajar Coding Lewat Game

Ilustrasi. Foto: Thinkstock Ilustrasi. Foto: Thinkstock

 Inkubator internal milik Google bernama Area 120 merilis sebuah game yang bertujuan untuk mengajari penggunanya coding dalam bahasa JavaScript.

Game ini bernama Grasshopper, dan menurut pembuatnya game ini bertujuan untuk membuat coding menjadi menyenangkan dan lebih mudah dicapai oleh banyak orang, pasalnya kini coding menjadi salah satu kemampuan yang banyak dibutuhkan.

Grasshopper berisikan banyak mini game, seperti puzzle dan kuis. Jadi sembari bermain, anda bisa mempelajari satu atau dua pelajaran coding, dan hal ini bisa dilakukan di waktu luang. Pengguna harus login menggunakan akun Google, dan memulai latihan codingnya.

Dikutip detikINET dari The Verge, Minggu (22/4/2018), seperti layaknya game, dan juga tahapan belajar lainnya, kuis dan puzzle yang ada menjadi semakin rumit. Ada juga fitur untuk mengingatkan penggunanya untuk berlatih sesuai jadwal yang sebelumnya ditetapkan, bisa setiap hari ataupun beberapa kali dalam seminggu.

Grasshopper dimulai dengan apa yang mereka sebut sebagai 'The Fundamentals', yang termasuk sejumlah pelajaran seperti fungsi, variabel, dan string. Setiap kali aplikasi ini memperkenalkan konsep baru, anda akan mendapat sejumlah puzzle untuk latihan.

Lalu ada juga fitur pencapaian, di mana penggunanya bisa melihat berapa banyak konsep yang sudah dipelajari, ataupun jumlah tombol JavaScript yang sudah digunakan, termasuk berapa hari berturut-turut yang sudah dihabiskan untuk coding.

Tim pembuatnya menyebut mereka akan terus menambahkan pelajaran baru pun memperluas kurikulumnya. Namun sayangnya mereka tak berencana untuk mengajarkan bahasa pemrograman selain JavaScript.

Menurut mereka, JavaScript masih digunakan di lebih dari 70% developer profesional, dan Grasshopper menggunakan JavaScript untuk mengajarkan konsep pemrograman dasar. Hal ini mereka sebut sebagai hal yang universal dalam bahasa pemrograman.                                                                                                                                                         Sumber: https://inet.detik.com/games-news/d-3984122/yuk-belajar-coding-lewat-game?_ga=2.85153305.1093415762.1567562089-1985070539.1565148367
Share:

Recent Posts